Obat Luka Bakar dan Salep Luka Bakar dari Bahan Alami

Obat Luka Bakar dan Salep Luka Bakar dari Bahan Alami

Luka bakar termasuk peristiwa yang sering terjadi, mungkin kita juga pernah mengalaminya. Luka bakar yang bersifat ringan dan ada juga luka bakar yang bersifat berat. Luka bakar adalah kondisi luka pada kulit yang disebabkan oleh panas baik itu dari api, cahaya, air panas atau benda panas yang menempel pada kulit.

Tentu jika mengalami luka bakar harus segera mengobatinya. Ada berbagai cara untuk mengobai luka bakar, baik itu berupa pemberian obat luka bakar oral ( diminum ) ataupun obat salep luka bakar topikal ( dioles ).

Semua luka yang disebabkan oleh panas digolongkan sebagai luka bakar. Luka bakar dapat terlihat berupa kemerahan pada kulit, pengelupasan kulit, luka melepuh, kulit hangus, hingga pembengkakan pada tempat luka bakar.

Ada beberapa jenis luka bakar berdasarkan tingkat / derajat keparah dari luka bakar itu sendiri, antara lain :
  • Derajat 1, luka bakar yang hanya melukai lapisan kulit terluar ( lapisan kulit epidermis )
  • Derajat 2, luka bakar terjadi pada lapisan kulit tengan di bawah epidermis ( epidermis juga melukai dermis )
  • Derajat 3, luka bakar yang melukai semua lapisan kulit paling bawah di bawah dermis ( lapisan kulit mulai dari epidermis sampai hipodermis )
  • Derajat 4, luka bakar yang sangat parah tidak hanya melukai semua lapisan kulit tetapi juga melukai jaringan otot bahkan melukai tulang di bawah kulit.
Lapisan kulit sendiri terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis ( lapisan kulit terluar ), dermis ( lapisan kulit tengah di bawah epidermis ) dan hipodermis ( lapisan kulit paling bawah di bawah dermis ).

Berikut ini beberapa cara mengobati luka bakar agar cepat sembuh atau penanganan pertama ketika mengalami luka bakar, antara lain seperti :
  1. Mendinginkan luka dengan air biasa selama 20-30 menit, jangan gunakan air es atau air dingin
  2. Menyingkirkan pakaian atau aksesoris yang menutupi luka bakar
  3. Membersihkan luka bakar dan tutuplah luka bakar dengan plastik bening yang bersih atau kasa steril
  4. Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan untuk mengurangi rasa nyeri dan juga bisa menggunakan salep luka bakar.
  5. Hindari paparan sinar matahari secara langsung pada luka bakar
  6. Jangan memecahkan gelembung luka bakar yang terbentuk, terutama dengan tangan ataupun alat yang tidak steril.
Seperti itulah beberapa cara mengobati luka bakar, perlu diperhatikan kembali jika luka bakar itu terdapat infeksi yang membuat luka menjadi parah segera periksakan ke dokter terdekat agar mendapat penangan yang lebih tepat dan luka bakar pun menjadi cepat sembuh.

Selain melakukan dengan cara seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa ramuan obat luka bakar ataupun salep luka bakar yang alami dan tradisional untuk mempercepat penyembuhan luka bakar. Ramuan obat luka bakar dan salep luka bakar yana alammi dan tradisional tersebut antara lain :

Ramuan obat luka bakar dan salep luka bakar dari tomat
Tomat sangat bagus digunakan menjadi obat luka bakar karena mengandung lycopene. Lycopene adalah zat dapat membantu melindungi kulit terbakar dan penuaan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Dalam tomat, Lycopene berada pada tingkat tertinggi. Zat tersebut merupakan pigmen alami yang menyebabkan tomat berwarna merah. Cara menggunakan tomat untuk obat luka bakar cukup dengan menempelkan langsung tomat yang sudah diiris pada luka bakar atau bisa di buatkan pasta dengan di jus.

Ldah buaya, obat luka bakar dan salep luka bakar yang alami
Lidah buaya, hampir semua orang tahu tentang tanaman ini dan khasiat dari lidah buaya. Namun ternyata lidah buaya menyimpan sebuah khasiat yang tidak hanya melembabkan kulit saja, lidah buaya yang juga kaya akan zat anti-inflamasi mampu digunakan untuk mengobati luka bakar secara alami dengan efektif.

Madu bisa menjadi solusi obat luka bakar dan salep luka bakar yang tradisional
Madu dapat membuat penyembuhan luka menjadi lebih cepat, meminimalkan iritasi kulit dan mencegah infeksi. Cara mengobati luka bakar dengan madu cukup mengoles madu ke area kulit yang terluka, madu yang digunakan untuk obat luka bakar adalah madu murni yang belum di olah / belum di tambah gula atau pemanis.

Kentang dan mentimun menjadi solusi terkahir untuk mengobati luka bakar
Kentang dan mentimun memiliki kemampuan untuk menghilangkan panas dari kulit yang terkena kontak panas. Khasiat kentang yang berguna sebagai anti radang (anti inflamasi) dan mentimun yang dikenal sebagai buah yang dingin membuat ramuan dua jenis sayuran ini berfungsi sangat baik sebagai obat oles luka bakar tradisional. Cara membuat obat luka bakar dan salep luka bakar dari kentang dan mentimun cukup buatkan pasta dari campuran kentang dan mentimun, penggunaannya oleskan atau tempelkan ramuan obat tersebut pada luka bakar.

Masih banyak lagi bahan-bahan alami lainnya yang berkhasiat mengobati luka bakar untuk dijadikan ramuan obat tradisional. Demikian sedikit informasi mengenai luka bakar, semoga bermanfaat. Pengobatan luka bakar yang lebih baiknya tentu haru dilakukan pemeriksaan ke dokter, bila luka bakar dari hari ke hari kondisinya membukruk secepat periksakan ke dokter terdekat.