Psoriasis, Ini Cara Mengobati Psoriasis yg Ampuh juga Aman Tanpa Efek Samping


Psoriasis, Ini Cara Mengobati Psoriasis yg Ampuh juga Aman Tanpa Efek Samping


Pembahasan kali ini mengenai penyakit psoriasis, cara mengobati psoriasis serta obat psoriasis yg ampuh, alami dan juga aman, mudah-mudahan saja pembahasan kali ini bisa memberikan manfaat dan berguna.

PSORIASIS

Kulit menjadi seperti bersisik, kering, mengeras, menebal dan kadang disertai gatal gatal, selain itu juga terjadi perubahan pada bentuk kuku, itu adalah beberapa gejala dari penyakit psoriasis. Jika Anda atau saudara ada yg mengalami gejala tsb kemungkinan besar sedang mengidap atau mengalami penyakit psoriasis.

Psoriasis, Ini Cara Mengobati Psoriasis yg Ampuh juga Aman Tanpa Efek Samping

Psoriasis adalah kelainan pada kulit yang disebabkan oleh sistem autoimun yang keliru terhadap sel-sel kulit sehingga menimbulkan berbagai gejala pada kulit, namun bukan hanya pada kulit saja yang terjadi tetpai juga sering terjadi pada perubahan bentuk kuku.

Psoriasis merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang menyerang kulit. Jumlah pengidap psoriasis di Indonesia belum diketahui dengan pasti. Tetapi di Indonesia telah didirikan Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia sejak tahun 2006 untuk membantu para pengidap psoriasis.

Apa yg menjadi penyebab psoriasis ??

Menurut beberapa literatur kesehatan bahwa penyebab pasti psoriasis belum diketahui. Namun penyebab terjadinya psoriasis diduga memiliki dasar penyebab gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru dan menyerang sel-sel kulit yang sehat. Saat kekebalan tubuh memprosuksi sel-sel tubuh semestinya melawan infeksi yg terjadi pada kulit saja tetapi juga menyerang sel-sel kulit tubuh yg sehat sehingga mengalami psoriasis. Belum diketahui kenapa sistem kekebalan tubuh bisa keliru dalam kinerjanya, tapi diduga ada pengaruh dari lingkungan dan gen.

Faktor keturunan diduga dapat mempertinggi risiko penyakit psoriasis. Sekitar 30 persen pengidap psoriasis memiliki anggota keluarga yang juga mengidap penyakit yang sama yaitu psoriasis.

Selain itu juga ada beberapa faktor pemicu terjaidnya atau kambuhnya psoriasis diantaranya seperti :

  • Infeksi tenggorokan. Psoriasis gutata yang biasa menyerang anak-anak dan remaja terkadang muncul setelah pengidap mengalami infeksi tenggorokan.
  • Cedera pada kulit, misalnya tergores, gigitan serangga atau terbakar matahari.
  • Konsumsi minuman keras yang berlebihan.
  • Obat-obatan tertentu, misalnya litium, obat-obatan tekanan darah tinggi serta obat antimalaria.


Gejala psoriasis

Gejala gejala umum psoriasis meliputi bagian kulit memerah yang terasa tebal kering dan bersisik, kulit pecah-pecah yang terkadang bisa berdarah, kuku yang menebal dengan tekstur tidak rata serta sendi-sendi yang bengkak dan kaku. Meski begitu, tidak semua pengidap mengalami gejala yang sama karena penyakit ini memiliki banyak jenis.

Intensitas gejala psoriasis pada tiap pengidap berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala psorisis ringan atau tidak mengalami gejala psoriasis sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Tetapi kemudian gejala nya bisa bertambah parah hingga akhirnya mengganggu kenyamanan pengidap selama beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum akhirnya berkurang atau berhenti.

Psoriasis mempunyai jenis-jenis nya, jenis jenis psoriasis antara lain :

  • Psoriasis Plak ( Psorisis pada kulit tubuh ), yaitu psorisis yg terjadi pada kulit bagian tubuh seperti pada tangan, kaki dan sebaginya, psoriasis jenis ini sangat umum terjadi. Gejala psoriasis plak seperti ruam atau bahkan luka kering, merah, dan bersisik pada kulit yang disebut plak. Plak ini juga bisa terasa sangat gatal atau perih.
  • Psoriasis kuku, yaitu psorisis yg terjadi pada kuku, hampir 50 persen dari semua pengidap psoriasis mengalami gejala-gejala ini pada kuku mereka. Gejala psoriasis jenis ini seperti perubahan warna kuku, cekungan-cekungan kecil yang muncul pada kuku, pertumbuhan kuku yang abnormal dan kuku terlepas.
  • Psoriasis kulit kepala, yaitu jenis psoriasis yg terjadi pada kulit kepala, gejala yg ditimbulkannya antara lain sisik tebal dan terasa gatal pada sebagian atau bahkan seluruh kulit kepala. Ruamnya juga terkadang dapat melebar hingga melewati garis rambut. Bagian kulit yang mengelupas akan berguguran dan kelihatan putih seperti ketombe.
  • Psoriasis gutata, jenis psoriasis ini lebih sering menyerang anak-anak dan remaja. Psoriasis gutata terkadang muncul setelah infeksi atau radang tenggorokan. Gejala psoriasis gutata adalah bintik-bintik ruam menyerupai tetesan air. Ruam ini berlapis sisik dan biasanya muncul pada tubuh bagian atas, lengan, kaki dan kulit kepala.
  • Psoriasis inversi, yaitu psoriasis yg menyebabkan ruam merah yang terasa halus pada daerah-daerah yang terdapat lipatan kulit seperti ketiak. Ruam ini dapat bertambah parah akibat gesekan dan keringat. Selain ketiak, psoriasis inversi juga menyerang kulit pada selangkangan, belahan bokong dan di bawah payudara.
  • Psoriasis eritrodermik, psoriasis eritrodermik dapat menyebabkan ruam mengelupas yang sangat gatal atau disertai sensasi terbakar di seluruh tubuh. Jenis psoriasis ini dapat berdampak pada kadar cairan dan protein pada tubuh sehingga bisa berujung pada dehidrasi, malanutrisi, dan bahkan gagal jantung.
  • Psoriasis pustular, yaitu psorisis yg menyebabkan ruam merah yang perih sebelum akhirnya melepuh dan berisi nanah. Ruam tersebut dapat terjadi pada seluruh tubuh atau muncul di bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya berkelompok di tangan, kaki, atau ujung jari. Psoriasis pustular yang menyebar di seluruh tubuh juga dapat menyebabkan demam, menggigil, gatal luar biasa, dan bahkan penurunan berat badan.
  • Artritis psoriasis, di samping kulit iritasi dan bersisik serta perubahan warna kuku, psoriasis juga dapat menyerang sendi mana pun. Sendi yang terinfeksi akan menjadi kaku dan jika kerusakan sendi akibat psorisis cukup berat hingga kronis dapat berkembang menjadi cacat permanen.

Psoriasis, Ini Cara Mengobati Psoriasis yg Ampuh juga Aman Tanpa Efek Samping


Bagaimana cara mengobati dan menyembuhkan psoriasis ??

Cara mengobati dan menyembuhkan penyakit psoriasis bisa dilakukan dengan memeriksakan diri ke dokter, biasanya akan diberikan obat oral ( obat minum ) dan juga obat topikal ( obat oles ). Pengobatannya pun tentu disesuaikan dengan jenis psoriasis itu sendiri seperti yg dijelaskan oleh Ketua Psoriasis Nusantara, dr. Danang Tri Wahyudi, SpKK menuturkan, jenis pengobatan yang dipilih tentu disesuaikan dengan tipe psoriasis, tingkat keparahan psoriasis, hingga kondisi kesehatan pasien. Obat yang cocok buat satu orang pasien belum tentu berhasil untuk pasien lainnya. Sebagian besar pasien tak hanya butuh satu metode pengobatan saja. Selain itu, pengobatan juga bisa berganti-ganti tergantung kecocokan dan kenyamanan dengan pasien atau melihat keefektifan obat.

Ada tiga jenis terapi pengobatan psoriasis, yaitu topikal, fototerapi, dan sistemik (oral dan injeksi).

1. Topikal
Topikal merupakan obat oles untuk mengatasi bercak merah yang muncul di tubuh pasien psoriasis. Pengobatan ini untuk pasien psoriasis ringan dengan luas kelainan kulit kurang dari 3 persen permukaan tubuh. Ada banyak jenis obat yang bisa diberikan, seperti emolien, kortikosteroid, asam salisilat, tararoten (retinoid), analog vit D dan kortikosteroid, hingga tar. Perlu diketahui pengobatan psoriasis dengan obat obatan kimiawi harus didahului pemeriksaan dokter.

2. Fototerapi
Fototerapi merupakan penyinaran pada kulit pasien psoriasis. Terapi ini biasanya digunakan pada pasien yang tidak mempan diberikan obat salep. Namun, fasilitas ini belum tersedia di semua rumah sakit. Fototerapi juga banyak jenisnya, seperti broadband UVB, narrowband UVB, hingga psoralen + UVB. Setiap jenis fototerapi itu pun memiliki efek samping, misalnya ada yang menimbulkan rasa seperti terbakar matahari.

3. Sistemik
Sistemik atau pengobatan oral dan injeksi ditujukan untuk psoriasis sedang hingga berat. Biasanya digunakan untuk tipe psoriasis eritroderma, psoriatik artritis, dan pustulosa. Pengobatan yang terbaru adalah dengan agen biologik, yaitu melalui suntikan maupun infus.

Selain itu perlu diperhatikan juga perlu ada tindak-tindakan untuk mencegah psoriasis tsb bertambah parah, berikut ini beberapa langkah-langkah untuk mencegah psorisis menjadi parah, seperti :

  • Jaga kelembapan kulit anda
  • Mandi teratur , tidak disarankan menggunakan air terlalu panas
  • Teratur mengikuti saran dari dokter kulit anda
  • Jaga kondisi anda dari terik matahari berlebih
  • Hindari merokok
  • Hindari konsumsi alkohol
  • Makan makanan bergizi dan bernutrisi
  • Istirahat yang cukup

Obat Psoriasis Alami

Psoriasis, Ini Cara Mengobati Psoriasis yg Ampuh juga Aman Tanpa Efek Samping

Mengenai obat alami untuk psoriasis, berikut ini beberapa bahan-bahan alami yg bisa dijadikan ramuan obat alami untuk psoriasis, antara lain :

Ramuan obat alami 1# Cuka Apel
Cuka sari buah apel bisa melembutkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Cuka sari apel mengandung antiseptik di dalamnya yang bisa mempercepat penyembuhan dan mencegah gatal.

Cara Mengobati Psoriasis dengan Ramuan Obat Alami 1#, cara nya :
  • Siapkan cuka apel
  • Oleskan cuka apel pada kulit yg terkena psoriasis
  • Pijat lembut 1 sampai 2 menit
  • Lakukan secara teratur untuk membantu mengobati psoriasis pada kulit.

Ramuan obat alami 2# Minyak Jarak
Minyak jarak dapat menghidrasi kulit yang sangat kering sehingga bisa memperbaiki tekstur kulit dan mencegah infeksi pada kulit yg terkena psoriasis.

Cara Mengobati Psoriasis dengan Ramuan Obat Alami 2#, cara nya :
  • Sediakan minyak jarak
  • Oleskan minyak jarak pada kulit yg terkena psoriasis
  • Pijat lembut 1 sampai 2 menit
  • Lakukan secara teratur untuk membantu mengobati psoriasis pada kulit.

Ramuan obat alami 3# Oatmeal
Vitamin dan serat yang dimiliki oatmeal sangat baik untuk gizi dan penyembuhan kulit yang rusak. Cara ini efektif untuk mengurangi rasa gatal, kemerahan dan iritasi pada kulit.

Cara Mengobati Psoriasis dengan Ramuan Obat Alami 3#, cara nya :
  • Siapkan oatmeal
  • Seduh sampai menjadi pasta
  • Oleskan pasta oatmeal pada kulit yg terkena psoriasis
  • Lalu tunggu beberapa menit hingga mengering
  • Lakukan secara teratur untuk membantu mengobati psoriasis pada kulit.


Itulah cara mengobati psoriasia menggunakan bahan-bahan alami, ramuan obat herbal alami di atas bersumber dari berbagai sumber informasi tentang kesehatan.  Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh, amin...

Demikian sedikit pembahasan mengenai penyakit psoriasis, semoga bisa menambah informasi, bermanfaat serta berguna. Terima kasih atas kunjungannya..

Psoriasis, Ini Cara Mengobati Psoriasis yg Ampuh juga Aman Tanpa Efek Samping

Baca juga :
Ini Obat Psoriasis yang Ampuh, Alami dan juga Tanpa Efek samping

0 Response to "Psoriasis, Ini Cara Mengobati Psoriasis yg Ampuh juga Aman Tanpa Efek Samping"

Poskan Komentar