Gudik / Scabies, Ini Cara Mengobati Gudik / Skabies yg Ampuh


Gudik / Scabies, Ini Cara Mengobati Gudik / Skabies yg Ampuh
Ada beberapa jenis penyakit kulit dengan ciri / gejala khas yaitu timbulnya rasa gatal pada kulit, salah satu jenis penyakit kulit yg cukup sering terjadi pada manusia / pada sebagian orang ialah penyakit kulit gudik atau scabies.

Pembahasan kali ini mengenai penyakit gudik atau scabies, cara mengobati gudik / scabies serta obat gudik / scabies yg ampuh, alami dan juga aman, mudah-mudahan saja pembahasan kali ini bisa memberikan manfaat dan berguna.

Gudik dalam dunia medisnya disebut dengan scabies yaitu salah satu penyakit kulit menimbulkan rasa gatal gatal di kulit terutama dirasakan pada malam hari yg kemudian akan muncul ruam-ruam pada kulit tersebut.

Gudik / scabies timbul karena terinfeksi tungau / kutu yg bernama Sarcoptes scabies, tungau / kutu ini biasanya ada pada hewan. Ketika kulit manusia terinfeksi tungau Sarcoptes scabies, tungau tersebut akan menggali kulit dan bersarang di dalam kulit, ketika sudah bersarang di dalam kulit ini lah maka akan muncul gejala-gejala gudik / scabies.

Penyakit scabies banyak diderita di masyarakat Indonesia, maka tak heran banyak penamaan untuk penyakit scbaes seperti gudik ( gudikan ), kudis ( kudisan ), gatal agogo, budukan, dan lain-lain.

Seperti yg dikatakan sebelumnya, gudik / scabies terjadi karena ada infeksi kutu / tungau pada kulit yg bernama Sarcoptes scabies, jadi penyebab nya adalah infeksi tungau Sarcoptes scabies. Tungau tsb berukuran sangat kecil dan bahkan tidak terlihat oleh mata telanjang, ukuran kutu Sarcoptes scabies betina sekitar 0,3-0,4 mm, sedangkan Sarcoptes scabies jantan sekitar setengah dari ukuran betina.

Masa inkubasi tungau sarcoptes scabies biasanya sekitar 30-60 hari, maksudnya ketika tungau sarcoptes scabies baru bersarang di dalam kulit biasanya tidak akan langsung menimbulkan gejala-gejala gudik / scabies baru setelah sekitar 30-60 hari akan muncul gejala-gejala gudik / scabies seperti rasa gatal dan ruam pada kulit.

Selain itu tungau sarcoptes scabies betina yg sudah dibuahi biasanya akan menyimpan telur-telurnya di dalam kulit, sehingga jika tidak segera ditangani tungau tsb bisa berkembang biak dan bisa menyebabkan gudik / scabies menyebar keseluruh tubuh.

Gudik / scabies termasuk penyakit kulit yang menular, penularan tersebut terjadi dengan kontak langsung misal dari heawan liar yg kebetulan ada tungau sarcoptes scabies, ketika bersalaman dengan penderita gudik, dari pakaian yang terkontaminasi tungau Sarcoptes scabies, dan sebagainya.

Gudik ( scabies ) bisa menyerang siapa saja baik anak-anak ataupun orang dewasa dan gudik / scabies bisa terjadi di mana saja di bagian tubuh mulai dari kepala, wajah, leher, badan, dada ( payudara ), siku, tangan, sela-sela jari, paha ( selangkangan ), organ kemaluan sampai kaki.

Gejala gejala umum gudik / scabies ialah munculnya rasa gatal gatal di sekitar kulit yg terinfeksi tungau scabies, dan akan lebih terasa ketika pada malam hari. Selain itu timbul juga ruam ruam pada kulit yg terinfeksi tungau scabies.

Gejala gejala gudik / scabies tersebut bisa timbul / dirasakan pada kulit mana saja, mulai dari jari-jari tangan, siku tangan, kaki, selangkangan, perut dan sebagainya.

Gudik / scabies tidak akan sembuh selama tungau scabies berkembang biak di dalam lapisan kulit dan ters beregenerasi dari telur-telur tungau scabies tsb. Dan juga tungau scabies tsb bisa menularkan kepada orang lain seperti adik / kaka, saudara ataupu kepada orang lain.

Untuk mengobati gudik / scabies tentu langkah yg paling tepat ialah dengan mematikan tungau scabies tsb, karena jika tungau scabies nya mati secara otomatis penyakit gudik / scabies pun akan hilang dan sembuh.

Selain itu perlu diperhatikan juga perlu ada tindak-tindakan untuk mencegah gudik / scabies tsb bertambah parah dan menularkan kepada orang lain, berikut ini beberapa langkah-langkah penanganan gudik / scabies, seperti :
  • Pastikan bahwa semua anggota rumah yang memiliki gejala diobati ke dokter
  • Tidak berbagi barang-barang pribadi dengan anggota keluarga lain 
  • Memasukan barang-barang pribadi kedalam kantong plastik yang tertutup rapat. Ambil kembali setelah 3 hari, gudik akan mati apabila dalam 3 hari tidak makan.
  • Pastikan mengkonsumsi obat secara teratur.
Mengenai obat alami untuk gudik atau scabies, berikut ini beberapa bahan-bahan alami yg bisa dijadikan ramuan obat alami untuk penyakit gudik atau scabies, antara lain :

Lidah buaya
Gudik / Scabies, Ini Cara Mengobati Gudik / Skabies yg Ampuh
Lidah buaya memiliki sifat anti mikroba yang dapat mengobati gudik atau scabies, gigitan serangga dan banyak kondisi kulit lainnya. Cara mengobati gudik / scabies dengan lidah buaya, caranya :
  • Siapkan lidah buaya
  • Potong kecil dan ambil dagingnya saja atau dibuat menjadi gel
  • Terapkan gel lidah buaya pada kulit yg terkena gudik dan bilas satu jam kemudian
  • Lakukan secara teratur untuk membantu mengobati gudik secara alami.
Gudik / Scabies, Ini Cara Mengobati Gudik / Skabies yg Ampuh
Kunyit
Kunyit memiliki berbagai kandungan salah satu kandungannya bersifat antiseptik dan anti inflamasi sehingga kunyit efektif mengobati gudik atau scabies. Buatlah pasta dari kunyit dengan menambahkan beberapa tetes lemon. Oleskan campuran ini pada kulit gudik dan bilas setelahnya. Cara mengobati gudik / scabies dengan kunyit, caranya :
  • Sediakan kunyit secukupnya
  • Buat menjadi pasta lalu tambahkan tetas lemon sedikit saja
  • Oleskan ramuam ini pada kulit yg terkena gudik dan tunggu beberapa saat
  • lalu basuh dengan air bersih
  • Lakukan secara teratur untuk membantu mengobati scabies secara alami.
Daun mimba
Gudik / Scabies, Ini Cara Mengobati Gudik / Skabies yg Ampuh
Sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang dimiliki daun mimba mengurangi rasa gatal dan menghalau tungau penyebab gudik atau scabies. Cara mengobati gudik / scabies dengan daun mimba, caranya :
  • Siapkan daun mimba secukupnya
  • Haluskan daun mimba sampai menjadi pasta
  • Oleskan pasta tsb pada kulit yg terkena gudik
  • Lalu tunggu beberapa menit hingga mengering lalu basuh
  • Lakukan secara teratur untuk dapat membantu mengobati gudik / scabies.
Cuka
Asam cuka membuat perubahan tingkat pH pada kulit. Tungau penyebab gudik / scabies akan mati karena perubahan ini. Cara Mengobati Gudik / Scabies dengan cuka cukup mudah hanya mengoleskan cuka pada kulit yang terkena gudik menggunakan kapas. Lakukan dua kali sehari untuk hasil maksimal.

Itulah cara mengobati gudik / scabies menggunakan bahan-bahan alami, ramuan obat herbal alami di atas bersumber dari berbagai sumber informasi tentang kesehatan.  Demikian sedikit pembahasan mengenai penyakit gudik atau scabies, semoga bisa menambah informasi, ermanfaat serta berguna. Terima kasih atas kunjungannya.